Berkat Benda Ini, Sekarang Penderita Buta Warna Bisa Melihat Warna Sebenarnya!

Benar-benar hebat

Berkat Benda Ini, Sekarang Penderita Buta Warna Bisa Melihat Warna Sebenarnya!

Dunia tentunya terlihat penuh warna bagi kebanyakan orang, namun tidak akan berlaku sama bagi mereka yang buta warna. Mereka yang buta warna umumnya mengalami kesulitan mengidentifikasi warna tertentu seperti merah atau hijau dan mungkin sepanjang hidupnya tidak akan dapat mengetahui seperti apa warna-warna tersebut sebenarnya.

Berkat perkembangan teknologi dan kontribusi para ilmuwan, sekarang para penderita buta warna bisa punya harapan untuk dapat melihat berbagai warna yang sebelumnya tidak bisa mereka lihat.

documentary-interviewphoto-donald-mcpherson-367186b449d6b04c592c3064010b3cf1.jpgpaletteforyourpalate.com

Adalah Dr. Don McPherson, seorang ilmuwan yang berhasil menemukan kacamata untuk penderita buta warna. Kacamata tersebut mampu memproyeksikan warna secara terang sehingga dapat terlihat secara jelas. McPherson pertama kali menemukan kacamata ini tanpa sengaja. Sebelumnya dia sempat bekerja membuatkan kacamata pelindung bagi para dokter yang kerap melakukan operasi menggunakan laser.

Dilansir dari CNBC, McPherson mengawali penemuan ini dari rasa penasaran dia karena dia sering melihat para ahli bedah yang menggunakan kaca yang diperoleh dari ruang operasi sebagai kacamata ketika melakukan pembedahan.

619827f1-7f00-0001-7eb2-6cc242876714-d8397d3aa0ef959cce1b92e433baddb3.jpgbroadriveranimalhospital.com

Ketika dia mencoba kacamata tersebut, dia takjub dengan warna-warna yang terlihat tampak sangat cerah dan jelas. Awalnya dia tidak menyadari kalau kacamata tersebut dapat membantu penderita buta warna. Namun suatu saat, temannya yang buta warna ingin mencoba kacamatanya dan seketika temannya mampu melihat warna yang sebelumnya tidak bisa dia lihat seperti warna jingga. Akhirnya di tahun 2010, McPherson memutuskan untuk mematenkan penemuannya dengan menamakannya EnChroma.

Satu buah kacamata EnChroma dibanderol dengan harga sekitar 300 dolar AS.

gambk-25front-b09aac68fb894dc2c602fa46086caca6.jpgenchroma.com

Meski penemuan ini telah berkontribusi besar dalam membantu penderita buta warna, sayangnya manfaat kacamata ini tidak secara otomatis membawa pengaruh yang sama ke semua penderita yang memakainya. Lantaran kelainan yang dimiliki masing-masing penderita buta warna tidak selalu sama, alhasil baru 80 persen dari total penderita buta warna yang mencoba kacamata ini yang bisa merasakan perubahan secara jelas. Meski begitu, McPherson tidak langsung menyerah.

Dia mengaku masih sedang dalam tahap penelitian untuk mengembangkan kacamata ini supaya semua penderita buta warna dapat terbantu.

Seorang pengembang bernama Vincent Fiorentini juga telah meluncurkan sebuah aplikasi yang dapat membantu penderita buta warna melihat warna.​

main-colour-blind-app-876839612c4bb57f7d90eadf4bc3e5a4.jpgwww.mirror.co.uk

Dilansir dari Mirror, aplikasi ini bernama Color Blind Pal dan pertama kali dirilis tepat setahun silam. Aplikasi ini bekerja dengan cara memasukkan gambar kemudian menambahkan filter dengan menunjuk sendiri bagian warna mana yang butuh diperjelasan. Penggunanya juga dapat mengatur sendiri intensitas kecerahan warnanya. Buat kamu yang penasaran, Color Blind Pal bisa diunduh di iOS maupun Android.

Kedua penemuan ini membuktikan bahwa ternyata masih ada yang peduli ya dengan kelainan buta warna. Buta warna sendiri bukan merupakan kelainan yang asing lagi. Sekitar satu diantara 12 pria dan satu dari 200 wanita diperkirakan memiliki kelainan ini. Bahkan bisa saja temanmu atau kerabat di lingkunganmu merupakan penderita buta warna.

Apabila ada orang terdekatmu yang memiliki kelainan ini, kamu bisa merekomendasikan kedua penemuan ini. Dijamin kamu bakal terkagum dengan reaksi mereka yang bisa melihat warna secara jelas pertama kalinya. Gak percaya? Tonton aja video ini.Merambat di Pekarangan Rumah, Jangan Dibasmi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s