8 Perbedaan Cara Orang Positif vs. Negatif Hadapi Masalah

Kamu yang mana nih?

8 Perbedaan Cara Orang Positif vs. Negatif Hadapi Masalah

Tidak ada orang yang pernah lepas dari masalah. Setiap orang pasti memiliki masalah sendiri dalam hidupnya. Entah dari luar atau dari dalam, masalah tidak bisa dihindari semua manusia. Bedanya, ada orang-orang yang tahu bagaimana caranya menghadapi masalah itu dan ada orang-orang yang malah merasa jatuh sampai tidak tahu bagaimana cara menghadapinya.

Ada 8 perbedaan orang posistif dan negatif dalam hadapi masalah. Mereka memiliki karakter yang berbeda, sehingga sekalipun masalahnya sama, hasil yang didapat jelas akan berbeda. Coba kamu cek di bawah ini, apakah kamu termasuk golongan orang positif, atau justru malah negatif?

1. Orang positif mempersiapkan dirinya untuk menghadapi masalah tersebut. Sedangkan orang negatif akan takut menghadapinya.

svetlana-pochatun-203730-e2f292331acf6aae7306e251a1bcc1aa.jpgPhoto by Svetlana Pochatun on Unsplash

Orang yang postif tahu bahwa masalah itu ada untuk dilewati bukan untuk diratapi. Dibanding dengan bersembunyi dan membiarkannya berlarut, orang postif akan memberanikan dirinya untuk menghadapi masalahnya. Dia tahu, bahwa tidak ada masalah yang terlalu besar yang tidak bisa dia selesaikan.

2. Orang positif percaya bahwa orang lain memiliki sisi baik untuk menolong. Sedangkan orang negatif selalu menganggap orang lain itu tidak tulus.

dane-deaner-350303-dc79831db7da93d2038cfbb7072138ce.jpgPhoto by Dane Deaner on Unsplash

Orang postif masih mempercayai kebaikan orang lain. Dia masih tahu bahwa akan ada orang-orang yang akan dengan tulus masu menolong. Tapi yang negatif akan meratap sendiri, dia selalu menganggap bahwa orang lain hanya ada maunya saja atau memiliki motovasi tertentu. Ingat ini, terkadang, kekeras kepalaanmu itu yang membuat masalahmu tidak habis-habis.

3. Orang positif membuka dirinya terhadap ide orang lain untuk menyelesaikan masalahnya. Sedangkan orang negatif menganggap dia yang paling tahu.

farrel-nobel-108567-e67c51223d81a5f8bd5acee36212a611.jpgPhoto by Farrel Nobel on Unsplash

Orang yang postif mau belajar dari orang lain. Siapa tahu dia salah, siapa tahu caranya kurang tepat. Tapi orang negatif menganggap dia sudah yang paling benar. Dia yang paling tahu bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Itu yang menyebabkan dia tidak bisa menemukan jalan keluar.

4. Orang positif percaya akan kekutannya sendiri. Sedangkan orang negatif percaya akan takdir.

cristian-newman-148811-dd35de4e3f8d8ba63c14f6fc47f9444a.jpgPhoto by Cristian Newman on Unsplash

Orang postif tahu bahwa takdir yang buruk itu bisa diubah asal mau berusaha. Berbeda dengan orang negatif yang menganggap takdir buruk adalah takdirnya dan harus menerimanya saja. Tidak ada satu orangpun yang memiliki takdir yang buruk. Yang ada hanyalah orang malas yang menciptakan takdirnya sendiri jadi buruk.

5. Orang positif tahu bahwa masalah tidak akan selamanya jadi masalah. Sedangkan orang negatif menganggap masalah itu selamanya.

aidan-meyer-164608-a751b090b3c9f30e345268909b9c13b1.jpgPhoto by Aidan Meyer on Unsplash

Orang postif menyadari dengan benar bahwa masalahnya pasti selesai, pasti akan berlalu dan tidak selamanya tinggal terus. Tapi orang yang negatif tidak tahu itu. Dia terjebak lama sekali dalam masalahnya dan bukannya memikirkan cara menyelesaikan, malah memikirkan masalahnya terus.

6. Orang postif bisa mengatur emosinya agar tidak menyakiti. Sedangkan orang negatif akan melampiaskannya.

brooke-cagle-40348-91f8db18eddb262d6123f483cc0c428c.jpgPhoto by Brooke Cagle on Unsplash

Saat ada masalah, orang positif bisa mengatur emosinya agar tidak menyakiti orang lain. Sebisa mungkin dia tidak akan melibatkan orang lain dalam masalahnya. Sedangkan yang negatif akan melampiaskannya sampai dia puas. Dia merasa tidak terima jika orang lain tidak menghadapi masalah, hanya dia yang punya.

7. Orang postif mencari jalan keluar. Sedangkan orang negatif menyalahkan diri sendiri.

felipe-p-lima-rizo-348693-71894022cda7f9261c3e75d4db922583.jpgPhoto by Felipe P. Lima Rizo on Unsplash

Orang negatif akan menyalahkan dirinya sendiri setiap ada masalah. Pada akkhirnya, dia akan berakhir menyedihkan karena terlalu membebani dirinya dengan pikiran yang tidak perlu. Sedangkan orang postif akan berusaha bangkit dan mencari jalan keluar, tidak melulu mau dibelenggu masalah terus.

8. Orang postif bertanggung jawab untuk masalahnya. Sedangkan orang negatif menyalahkan keadaan.

philipp-mandler-357142-60529507e15d3a5bc05838949fe67a82.jpgPhoto by Philipp Mandler on Unsplash

Orang yang postif mau bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah. Dia tahu tidak akan ada orang yang bertanggung jawab untuk masalahnya sendiri sehingga dia harus mau menyelesaikannya. Sedangkan orang negatif akan menyalahkan semuanya pada keadaan. Dia menggerutu dan sumpek terus.

Itu dia tadi bedanya orang positif dan negatif dalam hadapi masalah. Kamu yang termasuk golongan orang negatif, ketahuilah bahwa kenegatifan tidak akan membawa pengaruh baik. Bukannya masalahmu selesai, kamu pasti akan menemui masalah baru. Mulai sekarang, belajarlah untuk melihat sisi baik dari segala hal buruk. Ingat saja kalau setiap puasa itu pasti ada lebarannya. Kamu tidak akan dibiarkan menderita terus, tanpa dibiarkan tersenyum juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s