campernique

7 Prinsip Hidup Salah yang Justru Sering Diterapkan Orang

Advertisements

Apa kamu pernah melakukannya?

Biasanya, orang tidak sadar kalau dirinya melakukan kesalahan karena dia menganggap hal yang salah itu sebuah kebenaran. Bahkan beberapa orang malah merasa tidak peduli apakah itu benar atau salah yang penting itu menguntungkannya. Jika kamu termasuk tipe orang seperti itu, sebaiknya kamu mulai berubah.

Kebanyakan orang malah masih saja suka melakukan 7 hal yang salah ini, padahal hal ini bisa membuat dirinya sendiri mundur, bukan maju. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu juga suka melakukannya?

1. Mempercayai bahwa mengubah dunia adalah hal yang mustahil.

Kemustahilan atau tidak itu tergantung pemikiranmu. Selama kamu menganggap suatu hal itu mustahil, maka kamu akan ditemui dengan banyak rintangan yang membuatmu semakin berpikir pikiranmu itu benar. Tapi, kalau kamu berpikir itu mungkin, maka kamu akan menemukan tekad yang kuat untuk menjadikannya kenyataan.

2. Mempercayai bahwa hanya ada secuil hal di dunia ini yang bisa kamu kuasai.

Sekali lagi, kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Jika kamu menganggap kamu hanya bisa menguasai sedikit, maka kamu akan membatasi dirimu untuk memperbesarnya secara tidak sadar. Tapi jika kamu merasa masih ada banyak hal yang bisa jadi keahlianmu, kamu akan terus belajar dan belajar.

3. Menyerah pada mimpi hanya karena banyak orang berkata itu tidak realistis.

Hanya karena itu sulit, bukan berarti itu tidak mungkin. Bahkan sekalipun kamu mengalami kegagalan, itu bukan pertanda untumu berhenti, sebaliknya itu tanda untukmu terus berusaha. Sedikit lagi, terapkan pikiran itu. Sedikit lagi kamu pasti bisa mencapainya. Kamu pasti bisa.

4. Mengabdi pada orang yang tidak tahu apa-apa.

Tidak tahu bagaimana caranya menghargai orang lain, tidak tahu bagaimana menjadi pemimpin yang baik, tidak tahu bagaimana caranya memanusiakan manusia. Jika kamu merasa kamu sedang mengabdi dengan seseorang seperti ini, berhenti lakukan itu dan jangan lagi mengorbankan dirimu. Semenderita apapun kamu, dia tidak akan bisa mengerti itu.

5. Mengikuti tren bahkan disaat itu bukan dirimu.

Jika tren yang muncul membuatmu tidak nyaman, maka buat apa kamu ikuti? Apakah kamu terlalu peduli dengan apa yang orang katakan padamu? Atau kamu terlalu takut tidak punya teman? Lebih baik tidak punya teman, daripada punya banyak teman yang menyesatkan.

6. Memilih jurusan berdasarkan permintaan orang lain.

Jika kamu hendak memiliki jurusan untuk kuliah, maka ingatlah untuk menanyakan pada dirimu sendiri. Kamu mau jadi apa kelak? Apa yang membuatmu sangat bersemangat? Bidang apa yang kamu sangat sukai? Jangan korbankan dirimu untuk melakukan permintaan orang lain. Kamu akan lelah sendiri, karena manusia itu tidak pernah puas.

7. Bertahan dengan seseorang yang tidak kamu cintai.

Kamu pikir kamu bertahan karena kasihan padanya, atau karena kamu dikejar usia yang sudah seharusnya bersama dengan seseorang atau alasan apapun yang kamu jadikan tameng. Kamu berhak mencari kebahagiaanmu sendiri sebelum terlambat.

Sekarang sadarlah dan jangan berpegang pada semua hal itu lagi. Semua hal di atas itu salah dan kamu tidak seharusnya terus-menerus melakukannya. Jika kamu melakukannya, kamu justru akan membuat dirimu sendiri menderita. Jika sudah tahu itu salah dan masih melakukannya saja, itu artinya kamu sedang menggali kuburanmu sendiri.

Advertisements

Advertisements