Sekian Lama Diperbincangkan, Ternyata ini Adalah Asal usul Bangsa Rohingya 

Saat ini kita sedang dibuat kisruh oleh kasus pelanggaran hak asasi manusia etnis Rohingya oleh pemerintah dan angkatan bersenjata Myanmar. Banyak dari bangsa kita yang merasa empati oleh kejadian tersebut dan bersedia untuk menampung para pengungsi yang ingin menyelamatkan diri. Namun, tahukah kamu darimanakah bangsa Rohingya berasal, dan mengapa mereka sangat tertindas? Mari kita simak selanjutnya.

5. Bangsa Rohingya Datang Dari Bangladesh

Myanmar adalah negara yang berbatasan langsung dengan Bangladesh. Pada zaman pertengahan dahulu, Bangladesh mendirikan sebuah kerajaan bernama kerajaan Arakan yang dibentuk tepat di perbatasan antara kedua negara tersebut. Saat ini bekas kerajaan tersebut menjadi salah satu bagian provinsi di Bangladesh. Karena keberlangsungannya yang lama, kerajaan Arakan akhirnya meluas beserta dengan penduduknya yang masuk ke daerah Myanmar. Banyak dari mereka yang tinggal di teritori Myanmar saat ini. Hingga pada akhirnya kerajaan Arakan runtuh, mereka masih menempati daerah perbatasan Bangladesh dan Myanmar.

4. Memeluk Islam dari Perdagangan dan Kerjasama

Pada masa pertengahan, dinasti Muslim yang dominan di Asia Timur adalah Kekaisaran Mughal dan Bengal. Keduanya menjalin kerjasama yang baik dengan kerajaan Arakan. Banyak perdagangan barang, ilmu, dan paham yang terjadi. Sehingga banyak dari penduduk Arakan yang kini menjadi etnis Rohingya yang memeluk agama Islam.

3. Penaklukan Oleh Burma / Myanmar Perang.

Pada tahun 1700, salah satu dinasti terbesar dan terakhir Myanmar yaitu dinasti Konbaung melakukan penaklukan terhadap seluruh daerah yang dikuasainya, termasuk daerah Arakan dan Rakhine. Bangsa Rohingya yang tinggal di kedua tempat tersebut harus rela mengorbankan tanah yang mereka miliki kepada Myanmar karena telah ditaklukan. Sejak saat itu, mereka tidak memiliki kepastian yang jelas mengenai kebangsaan dan tempat tinggal mereka.

2. Perang Saudara di PD 2

Padam masa perang dunia ke-2, Inggris mengambil kendali atas Myanmar. Pada saat itu Myanmar yang dikendalikan oleh Inggris diserang oleh Jepang yang merupakan blok aksis. Inggris yang mengendalikan daerah Rakhine harus berperang dengan Jepang yang mengendalikan daerah Arakan. Pada saat itu etnis Rohingya yang berada di Rakhine berperang dengan etnis Rohingya yang berada di Arakan, hingga lebih dari 20.000 korban jiwa.

1. Tertindas dan Terancam

Sejak mereka memperoleh demokrasi yang diberikan oleh pemerintah Myanmar, mereka lantas mendirikan suatu gerakan mujahidin Rohingya yang bertujuan untuk menuntut hak mereka sebagai umat Muslim di Myanmar. Namun, pada tahun 1990-2012 bukan mendapat kebebasan mereka malah diklasifikasikan sebagai Alien atau Ogre yang sangat jelek dan asing bagi Myanmar. Hingga puncaknya terjadi pada tahun 2012 dimana banyak dari mereka yang dibantai dan dibunuh karena motif tertentu. Hingga saat ini, mereka belum menemukan titik terang untuk bagaimana mereka dapat memperoleh hak mereka kembali.

Sumber:

Aljazeera

Thoughtco

Advertisements

Benarkah Tes Ini Bisa Menebak Kecerdasan Seseorang dengan Akurat?

Ini faktanya tentang tes yang satu ini

Benarkah Tes Ini Bisa Menebak Kecerdasan Seseorang dengan Akurat?

Cara kerja otak sangatlah kompleks. Untuk melihat kecenderungan tertentu pada diri seseorang, dilakukan tes untuk mengungkap yang tak bisa dilihat secara kasat mata. Mungkin kamu sering melihat tes-tes psikologi yang beredar di internet, salah satu yang terkenal adalah tes Spinning Dancer ini.

Tes Spinning Dancer dianggap dapat mengungkap kecenderungan otak yang dominan.

tumblr-n67tjhozem1saxoooo1-500-53a27f9adcc88c47f2e9796367d6ac58.giftumblr.com

Ilusi optik ini diciptakan oleh Nobuyuki Kayahara, seorang desainer Flash asal Jepang, di tahun 2003. Selama bertahun-tahun, gambar penari yang bergerak 360 derajat ini berguna sebagai ‘alat’ paling sederhana untuk mengetahui sisi otak mana yang paling dominan. Jika kita melihat penari berputar searah jarum jam, artinya otak kanan kita lah yang lebih dominan. Begitu pula sebaliknya.

Apakah teori ini benar-benar akurat?

otak-669c837fc7cfa0ef029c8d87d280edef.jpgfinda.photo

Teori yang beredar, orang-orang dengan IQ tinggi bisa melihat sang penari berputar ke kanan dan kiri, bukan hanya cenderung pada satu arah saja. Paul Spencer dari Tonic menghubungi Arthur Shapiro dan Niko Troje, peneliti dari Oxford Compendium of Visual Illusions untuk mengungkap kebenaran di balik teori ini.

Shapiro berpendapat, sesungguhnya ada banyak alasan yang kompleks mengapa kita bisa melihat sang penari berputar ke arah yang berbeda. Dua peneliti ini menjelaskan bahwa meskipun ballerina ini berputar, dia sebenarnya menampilkan kesamaan dengan ilusi-ilusi optik statis yang lain. Ketidakpastian jawaban ke mana sebetulnya sang ballerina ini berputar karena ilusi optik tidak mengungkap petunjuk kedalaman gambar yang pasti untuk membantu kita memahami secara utuh. Ketika gambar tidak jelas, otak akan berinisiatif untuk mengisi kekosongan informasi yang hilang.

Tak perlu jadi seorang jenius untuk bisa melihat sang ballerina berputar ke dua arah yang berbeda.

kcaw8oi-18b639940351776284c10f4a126a5a85.gifimgur.com

Jika kita memberikan bayangan putih di beberapa area sekitar tubuh ballerina, maka otak kita dapat memecahkan ilusi lebih cepat. Ini terjadi karena otak mampu mengumpulkan informasi yang lebih pasti.

Tak perlu punya IQ tinggi untuk bisa melihat sang ballerina berputar ke kedua arah yang berbeda. Shapiro membocorkan rahasianya, “Tutupi semua bagian tubuh balerina, kecuali bagian kaki yang menapak tanah. Fokus pada kakinya dan putaran balerina dapat dilihat lebih jelas”.

Studi di tahun 2010 mengungkapkan, banyak orang yang melihat sang balerina berputar searah jarum jam ketimbang sebaliknya. Bagaimana dengan kamu?

Menurut Pria, Ini Cara Berhadapan dengan Sifat Keras Kepala Mereka

Jangan pakai emosi

Menurut Pria, Ini Cara Berhadapan dengan Sifat Keras Kepala Mereka

Tidak selalu mulus, hubungan kadang mengalami naik turunnya. Mulai dari perdebatan remeh hingga pertengkaran yang menyangkut hal krusial. Hal ini tentu tergolong wajar sebagai bagian pemahaman dari masing-masing pribadi. Namun, ego adalah salah satu hal yang memegang peranan penting yang sering jadi sumber pertengkaran.

Tidak adanya pihak yang bersedia menekan ego, akhirnya meletuslah pertengkaran di dalam hubungan. Walaupun tidak semua seperti itu namun setiap laki-laki pasti memiliki ego khas laki-laki yang membuat perempuan jengkel. Nah, di artikel ini kamu bakal menemukan cara untuk menghadapi cowok yang keras kepala.

1. Berikan ruang dan waktu.

Seringkali cewek merasa gregetan dengan tingkah cowok yang kadang diam tanpa kata. Karena terkadang cowok sendiri sulit mengungkapkan emosinya. Namun di saat seperti ini biasanya cewek malah memaksa si cowok untuk bercerita. Padahal justru cewek harus memberikan kesempatan kepada cowok agar ‘merenungi’ perbuatannya. Yakin deh, ketika sudah mendapatkan momennya maka para cowok akan terbuka mendengar nasehat cewek.

2. Jangan segan memberikan pujian atau pengakuan.

Tentunya kamu pernah dong mendapatkan hadiah atau kejutan dari pasangan? Nah, dengan mengucapkan ‘Terima kasih’ atau pujian kecil seperti ‘Coklatnya enak banget!’, cowok tentu akan merasa senang karena perjuangannya dihargai. Intinya cowok juga suka dipuji, dengan begitu kepercayaan diri mereka bertambah. Selain itu mereka juga merasa dihargai, gak heran cowok ini bakal makin mencintaimu.

3. Jangan terlalu banyak bicara.

Jika cowok masih tetap cuek dengan perkataanmu, sebaiknya berhentilah untuk berusaha menasehatinya. Cowok menyukai segala sesuatu yang kongkrit dan efektif, artinya tanpa perlu banyak berbicara namun pesan tetap dapat tersampaikan. Bisa dengan suara lebih pelan atau memperhatikan emosi cowok tersebut sebelum kamu mulai berbicara.

4. Menghindari sifat protektif.

Kepercayaan menjadi modal utama dalam hubungan termasuk dalam menghadapi cowok. Semakin cowok merasa dikekang dan dicecar banyak aturan semakin cowok gelisah dan jengah. Jadi, cobalah untuk memberikan lebih banyak kepercayaan kepada cowok agar dia juga dapat percaya terhadap kamu.

5. Bersabarlah, tahan supaya emosi tidak meledak-ledak.

Seperti wanita yang ingin dimengerti, pria juga sama. Namun tidak jarang baik cewek maupun cowok berada dalam posisi yang sama-sama keras kepala. Sebagai makhluk yang lebih peka dari cowok, dalam kondisi tersebut cewek sebaiknya membaca situasi apa yang terjadi saat itu jadi tau kapan waktu untuk mengalah kapan juga tidak.

Sekarang sudah lebih siap menghadapi cowokmu yang keras kepala?

7 Prinsip Hidup Salah yang Justru Sering Diterapkan Orang

Apa kamu pernah melakukannya?

Biasanya, orang tidak sadar kalau dirinya melakukan kesalahan karena dia menganggap hal yang salah itu sebuah kebenaran. Bahkan beberapa orang malah merasa tidak peduli apakah itu benar atau salah yang penting itu menguntungkannya. Jika kamu termasuk tipe orang seperti itu, sebaiknya kamu mulai berubah.

Kebanyakan orang malah masih saja suka melakukan 7 hal yang salah ini, padahal hal ini bisa membuat dirinya sendiri mundur, bukan maju. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu juga suka melakukannya?

1. Mempercayai bahwa mengubah dunia adalah hal yang mustahil.

Kemustahilan atau tidak itu tergantung pemikiranmu. Selama kamu menganggap suatu hal itu mustahil, maka kamu akan ditemui dengan banyak rintangan yang membuatmu semakin berpikir pikiranmu itu benar. Tapi, kalau kamu berpikir itu mungkin, maka kamu akan menemukan tekad yang kuat untuk menjadikannya kenyataan.

2. Mempercayai bahwa hanya ada secuil hal di dunia ini yang bisa kamu kuasai.

Sekali lagi, kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Jika kamu menganggap kamu hanya bisa menguasai sedikit, maka kamu akan membatasi dirimu untuk memperbesarnya secara tidak sadar. Tapi jika kamu merasa masih ada banyak hal yang bisa jadi keahlianmu, kamu akan terus belajar dan belajar.

3. Menyerah pada mimpi hanya karena banyak orang berkata itu tidak realistis.

Hanya karena itu sulit, bukan berarti itu tidak mungkin. Bahkan sekalipun kamu mengalami kegagalan, itu bukan pertanda untumu berhenti, sebaliknya itu tanda untukmu terus berusaha. Sedikit lagi, terapkan pikiran itu. Sedikit lagi kamu pasti bisa mencapainya. Kamu pasti bisa.

4. Mengabdi pada orang yang tidak tahu apa-apa.

Tidak tahu bagaimana caranya menghargai orang lain, tidak tahu bagaimana menjadi pemimpin yang baik, tidak tahu bagaimana caranya memanusiakan manusia. Jika kamu merasa kamu sedang mengabdi dengan seseorang seperti ini, berhenti lakukan itu dan jangan lagi mengorbankan dirimu. Semenderita apapun kamu, dia tidak akan bisa mengerti itu.

5. Mengikuti tren bahkan disaat itu bukan dirimu.

Jika tren yang muncul membuatmu tidak nyaman, maka buat apa kamu ikuti? Apakah kamu terlalu peduli dengan apa yang orang katakan padamu? Atau kamu terlalu takut tidak punya teman? Lebih baik tidak punya teman, daripada punya banyak teman yang menyesatkan.

6. Memilih jurusan berdasarkan permintaan orang lain.

Jika kamu hendak memiliki jurusan untuk kuliah, maka ingatlah untuk menanyakan pada dirimu sendiri. Kamu mau jadi apa kelak? Apa yang membuatmu sangat bersemangat? Bidang apa yang kamu sangat sukai? Jangan korbankan dirimu untuk melakukan permintaan orang lain. Kamu akan lelah sendiri, karena manusia itu tidak pernah puas.

7. Bertahan dengan seseorang yang tidak kamu cintai.

Kamu pikir kamu bertahan karena kasihan padanya, atau karena kamu dikejar usia yang sudah seharusnya bersama dengan seseorang atau alasan apapun yang kamu jadikan tameng. Kamu berhak mencari kebahagiaanmu sendiri sebelum terlambat.

Sekarang sadarlah dan jangan berpegang pada semua hal itu lagi. Semua hal di atas itu salah dan kamu tidak seharusnya terus-menerus melakukannya. Jika kamu melakukannya, kamu justru akan membuat dirimu sendiri menderita. Jika sudah tahu itu salah dan masih melakukannya saja, itu artinya kamu sedang menggali kuburanmu sendiri.

Mau Lebih Bugar? Coba Racikan Enak Ini Selama 7 Hari ya!

Manfaatnya benar-benar luar biasa

Mau Lebih Bugar? Coba Racikan Enak Ini Selama 7 Hari ya!

Asupan gizi dan nutrisi yang lengkap sangat dibutuhkan tubuh supaya gak gampang sakit. Yup, banyaknya aktivitas ditambah dengan cuaca yang sering gak menentu, rentan banget terserang penyakit. Seperti flu, batuk, pilek, dan sebagainya. 

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, biasanya kita bergantung pada vitamin C dari buah jeruk maupun yang sudah dikemas secara pabrikan. Tapi ternyata, banyak cara unik untuk memperkuat imunitas tubuh lho, salah satunya dengan campuran madu dan bawang putih.

Minum campuran madu dan bawang putih setiap pagi supaya lebih strong.

cara-75b783cff3f626b0196f6acd728d22d9.jpggardenista.com

Mungkin terdengar aneh dan nggak kebayang gimana rasanya. Tapi campuran ini benar-benar manjur melindungi tubuh supaya gak gampang sakit.

Caranya gampang kok. Kamu cuma perlu menyiapkan: 3-4 bonggol bawang putih, secangkir madu murni dan toples kaca dengan tutup rapat.

Langkah-langkahnya:

  1. Lepaskan siung bawang dari bonggolnya. 
  2. Kupas kulit terluarnya yang tipis dan biarkan kulit tebalnya ya. Hancurkan bawang tanpa mengupas kulitnya.
  3. Isi toples dengan bawang dan tuangkan madu ke dalamnya hingga bawang terendam.
  4. Tutup rapat toples kaca dan simpan dalam suhu ruang selama 2-3 hari.
  5. Siap dikonsumsi satu sendok tiap hari dalam kondisi perut kosong.

Manfaat bawang bagi kesehatan.

bawang-115f7c24fbdb877ef57b49188558045e.jpegpexels.com

Bukan cuma sebagai bumbu dapur yang bikin masakan sedap, nyatanya bawang secara umum sangat baik buat kesehatan tubuh lho. Ini dikarenakan komponennya yang bernama allicin yang terbukti secara medis dapat menurunkan kolesterol, mencegah penyumbatan darah dan konon digadang-gadang sebagai anti kanker.

Kalau kamu mengkonsumsi bawang secara rutin, dipercaya tubuh akan jadi lebih kuat karena bawang bisa meningkatkan sistem imun secara alami. Sehingga tubuh jadi lebih kuat menangkal infeksi. Sebuah penelitian menyebutkan, konsumsi bawang setiap hari akan menurunkan presentasi terserang flu sebesar 63 persen lho.

Manfaat madu murni buat tubuhmu.

honey-1006972-1280-326b01d533066a7fd6d2c499561c51dd.jpgdavidwolfe.com

Madu murni komplit mengandung anti oksidan dan berbagai enzim serta mineral buat tubuh. Termasuk zat besi, potasium, kalsium, fosfor, magnesium dan selenium. Karena prosesnya tidak melalui pemanasan seperti madu-madu komersil, maka kandungan gizi dan nutrisinya masih terjaga dengan baik. 

Minum madu murni setiap hari secara rutin akan memasok energi tubuh dan pikiran, sehingga badan jadi prima menjalani aktivitas sehari-hari. Oh ya, madu murni ini baik banget buat kamu yang berniat mengatur berat badan lho. 

Nah, kedua bahan ini sangat mudah dicari dan cara membuatnya pun gampang. Cobalah rutin minum campuran madu dan bawang ini selama 7 hari, dan rasakan perbedaannya pada tubuhmu.

Situs-situs Untuk Belajar Koding Gratis Buat Kamu yang Ingin Jadi Programer Profesional

Karena mimpi tanpa usaha adalah sia-sia

10 Situs Belajar Koding Gratis Buat Kamu yang Ingin Jadi Programer Profesional

Programming atau koding adalah kemampuan penting yang akhir-akhir ini banyak dipelajari orang. Seiring berkembangnya teknologi dan meningkatnya permintaan masyarakat akan developer, belajar koding bisa menjadi aset berharga. Kemampuan koding gak cuma dibutuhkan oleh pengembang aplikasi besar saja, kamu yang rajin nge-blog juga patut mempelajarinya biar situs atau blog kamu makin bagus.

Tenang, belajar koding itu gak harus mengeluarkan banyak uang kok. Jika kamu mau belajar koding, ada banyak situs yang bisa membantumu untuk belajar bahasa pemrograman.

1. Coursera

coursera-fae304b2c7f97bc95490ba5bd90d53cf.pngSumber Gambar: coursera.org

Coursera adalah sebuah platform yang menawarkan beberapa kelas pemrograman setaraf mata kuliah kampus secara gratis dan memberikan sertifikat yang menyatakan bahwa kamu menguasai bahasa pemrograman.

Kamu bisa mulai membuat akun dan mulai mengambil beberapa kelas berdasarkan tanggal. Untuk kamu yang mencari kelas berdasarkan jadwalmu sendiri, Coursera adalah pilihan tepat karena hampir setiap kelas diselenggarakan dengan teratur.

2. Github

github-c8106650fabd1c2d4a9dde8fc11f8376.pngSumber Gambar: github.com

Github seperti buku referensi untuk para coder. Github mampu memenuhi hampir semua keingintahuanmu. Semacam Kaskus-nya koding gitu. Kamu bisa menampilkan hasil kodingmu dan berdiskusi dengan pengguna lainnya. Faktanya, jika kamu programmer profesional, sebaiknya mulai membuat akun Github karena banyak industri kreatif mencari programmer handal di situs ini.

3. Codecademy

codeacademy-140c761d05ee65adb9c8ece561ee84ba.pngSumber Gambar: codeacademy.com

Tentu saja, daftar situs ini gak akan lengkap tanpa Codecademy. Di sini kamu bisa belajar koding bersama lebih dari 24 juta orang secara gratis. Kamu bisa belajar banyak bahasa pemrograman di sini, termasuk CSS, Javascript, PHP, HTML dan masih banyak.

Situs ini telah meraih kepopulerannya karena memang Codecademy terbukti efektif dan cukup interaktif untuk digunakan. Kamu bisa belajar secara bertahap dan Codecademy akan menyimpan pekerjaanmu.

Pokoknya situs ini yang paling mudah.

4. Udemy

udemy-39903302125008d22b866105799e7b04.pngSumber Gambar: udemy.com

Udemy adalah platform belajar online yang diciptakan untuk para profesional untuk meningkatkan kemampuan mereka. Meski beberapa kelas memang berbayar, namun kelas gratis tetap ada dan bahkan ada video tutorial yang bisa menunjang kemampuanmu.

5. MIT Open Courseware

mit-open-courseware-a2059fdd617a7c603dcc75599b0bd9b6.pngSumber Gambar: ocw.mit.edu

MIT, yang selama ini dikenal sebagai sekolah para jenius, sebenarnya menawarkan kelas online gratis untuk kamu yang ingin belajar. Sama seperti Coursera, kamu bisa mengambil beberapa jenis pelajaran sekaligus, tapi di MIT kamu akan lebih fokus pada koding itu sendiri. Bahkan kamu akan diberi beberapa tugas untuk membantumu lebih memahami pelajaran.

6. edX

edx-ac854bf120bc4b6039f6fc416e54733e.pngSumber Gambar: edx.org

edX, sebenarnya adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012. Kini edX telah merangkul lebih dari 60 sekolah yang memiliki latar belakang sama. Jika kamu ingin merasakan belajar online dengan nuansa tradisional, edX pasti tak akan kamu lewatkan.

7. Khan Academy

khan-academy-5aef9356b4038c1cb4ce4a2dd1660798.pngSumber Gambar: khanacademy.org

Khan Academy berfokus pada teknologi, matematika dan ilmu komputer secara gratis. Pelajaran akan diberikan melalui video tutorial dan telah terbukti sangat efektif bagi jutaan pengunjung Khan Academy.

8. Code Avengers

code-avengers-7537a5768f5757a36df50542f5ff4fcf.pngSumber Gambar: codeavengers.com

Perusahaan yang berbasis di Selandia Baru ini akan mengajarkan bahasa pemrograman dengan cara yang interaktif, karena memang tujuannya adalah mengajarkan pengguna bagaimana untuk koding permainan, aplikasi dan situs website dengan berbagai bahasa.

9. Free Code Camp

free-code-camp-2e5da6be79c6ce70acc5d0ea094cb756.pngSumber Gambar: freecodecamp.com

Jika kamu ingin bersenang-senang dan bermanfaat dalam waktu yang bersamaan, maka Free Code Camp adalah tempat yang tepat untukmu. Banyak komunitas pelajar dan programmer profesional yang bekerja sama untuk saling meningkatkan kemampuan agar mampu menyelesaikan sebuah aplikasi dengan gratis.

10. Hack.pledge

hackpledge-5c61f6f53de2c639972709a31b1fce51.pngSumber Gambar: hackpledge.com

Situs ini cukup menarik karena di sini banyak berkumpul para developer yang memang mendedikasikan kemampuan mereka untuk mengajari orang-orang bagaimana untuk mengenal bahasa pemrograman. Yang lebih menarik dari situs ini adalah bahwa beberapa pengajarnya adalah orang-orang terkenal di dunia pemrograman. Bram Cohen salah satunya, ia adalah penemu BitTorrent yang sering masuk ke Hack.pledge dan kamu mau ke mana lagi selain belajar dari ahli?

Semua situs ini menawarkan pengalaman dan pengetahuan tentang pemrograman yang mumpuni. Selain itu, setelah belajar bahasa pemrograman, mungkin kamu bisa merayu cewek pakai bahasa pemrograman kayak gini nih…

1459332614788-378383b49733b48f2ce2b4874d274935.jpgSumber Gambar: hypeorlando.com

Atau kayak gini ini…

html01-2-94d71b5226062dc9291815fae1843b1e.jpgSumber Gambar: popperfont.net

Get coding and have fun with it!

Bukti Ilmiah Bahwa Micin Gak Bikin Kita Bodoh!

Stop fitnah dan jadikan micin umpatan!

Ini Lho Bukti Ilmiah Bahwa Micin Gak Bikin Kita Bodoh!

“Ah dasar bego! Kebanyakan makan micin sih!”

Sudah gak usah bohong, pasti banyak darimu yang pernah mendengar umpatan di atas. Malah kamu sendiri mungkin sering mengutarakannya? Olokan ini sebenarnya bukan hal baru, namun belakangan semakin sering dilontarkan, baik dengan nada bercanda maupun murka.

Sebenarnya ironis melihat orang memaki begini, mengingat yang mengumpat sendiri pasti lah pernah makan micin juga. Pasalnya penyedap makanan adalah salah satu bumbu yang paling luas dipakai di Indonesia. Tak lupa, sebagian besar snack kemasan yang kita ganyang juga sarat dengan kelezatan MSG. Sebaiknya kamu sudahi deh penggunaan micin sebagai olokan, soalnya…

Micin alias MSG gak pernah terbukti secara ilmiah sebagai penyebab kemunduran kecerdasan dan kesehatan seseorang.

the-truth-behind-notorious-flavor-enhancer-msg-f260319b80bb6e3ae7f2b4e716077012.jpgwww.businessinsider.com

Umpatan di atas berakar dari kepercayaan di masyarakat bahwa penyedap masakan alias micin berkontribusi membuat seseorang bodoh atau sakit. Sudah sejak lama MSG dijadikan kambing hitam akan berbagai kerugian kesehatan. Bahkan ada juga yang menuduhnya bersifat karsinogenik alias memicu kanker. Padahal teori-teori ini belum terbukti secara ilmiah.

Gak hanya di Indonesia sih, masyarakat Amerika Serikat pun banyak yang termakan stigma ini. Sejak akhir tahun 60-an, MSG dianggap sebagai biang penyakit dan dijauhi dari berbagai macam makanan. Padahal pada tahun 1950-an penyedap rasa artifisial ini sangat populer dan digunakan hampir di semua makanan, mulai dari permen karet sampai makanan bayi!

Glutamat, komponen utama MSG sebenarnya ada di banyak bahan makanan bahkan dihasilkan oleh tubuh kita sendiri!

spanish-food-vocabulary-83-delicious-cooking-terms-kitchen2-12c85e4144eed4a5262d2e531118b60d.jpgwww.fluentu.com

Senyawa glutamat pertama kali ditemukan oleh ilmuwan Jepang, Kikunae Ikeda pada tahun 1908 dari penelitiannya terhadap berbagai makanan yang dimasak dengan rumput laut. Glutamat adalah senyawa yang ‘bertanggung jawab’ untuk memperkuat rasa umami pada indra pengecap kita. Ikeda kemudian menemukan cara untuk membuat senyawa ini secara sintetik lalu menggabungkannya dengan natrium untuk membuatnya stabil, berbentuk kristal sehingga mudah ditaburkan di masakan.

Asam glutamat merupakan senyawa alami yang ada dalam berbagai bahan makanan kaya protein seperti daging, susu dan beberapa sayur-sayuran. Bahkan tubuh kita juga memproduksi asam glutamat lho! Intinya zat kimia ini sebenarnya berasal dari alam juga dan banyak terkandung dalam makanan dan tubuh kita. Semua ini sudah bisa dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti, bahkan diakui oleh American Chemical Society (Asosiasi Ilmuwan Kimia Amerika Serikat). Lalu kenapa MSG bisa “difitnah” menyebabkan bodoh, tidak enak badan, penyakit bahkan kanker?

Reputasi buruk MSG berawal dari surat dari seorang dokter pada tahun 1968 tentang efek buruk paska menyantap makanan ber-MSG. Namun…

25-043929-can-you-make-chinese-takeout-healthy-2a5e5f07025cf3c97837f0316fde0d78.jpgwww.askmen.com

Pada tahun 1968 Jurnal Kesehatan New England menerbitkan surat yang berisi keluhan kesehatan seorang dokter setelah makan di sebuah restoran chinese food yang saat itu terkenal kerap menggunakan MSG. Setelah itu orang-orang menjadi lebih waspada terhadap zat kimia yang ditambahkan pada makanan mereka, dan “Sindrom Restoran Chinese Food” pun lahir. Orang-orang menghindari masakan yang ber-MSG karena percaya akan efek buruk yang dihasilkan.

Namun ternyata teori tersebut hanya berdasarkan cocoklogi alias dikira-kira saja. Tidak penah ada penelitian ilmiah yang berhasil membuktikan efek negatif konsumsi MSG (dalam takaran normal) pada tubuh manusia. Bahkan orang yang mengaku sensitif dan alergi MSG tak merasakan efek apa pun ketika menyantap makanan ber-MSG selama mereka tidak tahu. BPOM Amerika Serikat pun masih tetap mencatat MSG sebagai bahan makanan tambahan yang aman dikonsumsi. Artinya dampak negatif dari MSG lebih cenderung merupakan efek psikologis akibat sugesti massal.

Meski para ilmuwan telah membuktikan bahwa tak ada efek buruk dari MSG, namun stigma buruk masih selalu menghantui reputasinya.

msgyellowbowl-0e463d9edbb120e8860884cbf39dcc07.jpgwww.deliciousliving.com

Meski sudah banyak penelitian dan asosiasi ilmuwan yang membuktikan bahwa micin aman dikonsumsi serta tidak berdampak buruk pada kesehatan atau kecerdasan, orang-orang masih saja menjauhi MSG dan memperlakukannya seperti hal yang sangat buruk. Buktinya umpatan “kebanyakan makan micin” makin santer beredar. Yah memang sih mengubah persepsi dan kepercayaan orang memang tidak mudah. Sekalinya otak manusia mencapai kesimpulan yang salah, otak mencegah kitauntuk menerima informasi baru yang dapat mengoreksi asumsi salah tersebut.

Akan tetapi bukan berarti kita generasi muda harus menyerah, berhenti berusaha mencari dan mendidik diri dengan fakta-fakta ilmiah yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Intinya MSG aman dikonsumsi selama dalam batas wajar. Sehingga gak valid lagi bagimu untuk ejekan dengan kalimat “kebanyakan makan micin sih lo!” Lagipula bagi anak 90an dan millennials, micin itu teman! Selalu menemani kamu dalam setiap snack jajanan favoritmu. Tanpa micin, masa kecilmu mungkin tak lagi sama…